Asesmen Diagnostik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus
1.
Isilah identitas anak
terlebih dahulu (Nama anak, usia dsb)
2.
Bacalah terlebih
dahulu seluruh aspek kondisi yang tertulis dalam instrumen dengan cermat
sebelum pemeriksa mengamati dan mengisi kolom ya/tidak
3.
Berilah tanda Ö (centang) pada salah satu (ya atau
tidak)
4.
Berilah tanda Ö dengan sebenar-benarnya sesuai kondisi
anak
5.
Instrumen ini
bertujuan untuk mengetahui hambatan yang ada pada anak
6.
Tulis kesimpulan di
bagian bawah/akhir tabel
7.
Tulis tanggal,
identitas nama pemeriksa dan tandatangan
8.
Terimakasih telah
mengisi instrumen dengan baik
Nama anak :
........................................... Tgl.
Pemeriksaan :..................................... Tgl. Lahir :
........................................... Pemeriksa :
.................................... Jenis Kelamin : ............................................ Kelas : ............................................ |
No |
Gejala yang dapat diamati |
Penilaian |
||
M |
MB |
TM |
||
1 |
Bahasa
Indonesia |
|
|
|
a.
Mengenal anggota tubuh |
|
|
|
|
b.
Mengenal huruf abjad |
|
|
|
|
c.
Membaca suku kata |
|
|
|
|
d.
Membaca kata |
|
|
|
|
e.
Membaca kalimat |
|
|
|
|
f.
Menyebutkan
nama-nama benda di
sekitar |
|
|
|
|
|
g.
Memperkenalkan diri |
|
|
|
h.
Menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman |
|
|
|
|
2 |
Matematika |
|
|
|
a.
Menyebutkan bilangan 1-10 |
|
|
|
|
b.
Mengenal bilangan 1-10 |
|
|
|
|
c.
Menulis bilangan 1-10 |
|
|
|
|
d.
Mengenal
bangun datar (persegi, persegi
panjang, segitiga, jajar genjang, lingkaran, trapesium) |
|
|
|
|
e.
Seni Budaya |
|
|
|
|
f.
Mengenal
Warna |
|
|
|
|
g.
Melipat |
|
|
|
|
h.
Menggunting |
|
|
|
|
i.
Menempel |
|
|
|
|
j.
Menyanyi |
|
|
|
|
k.
Menggambar bentuk |
|
|
|
|
3. |
Mewarnai dengan krayon/ pastel |
|
|
|
|
a. Mewarnai dengan pensil warna |
|
|
|
|
b. |
|
|
|
|
c. |
|
|
|
|
d. |
|
|
|
|
e. |
|
|
|
|
f. |
|
|
|
|
g. |
|
|
|
|
h. |
|
|
|
Keterangan:
M :
Mampu
MB : Mampu dengan bimbingan
TM : Tidak mampu
PDBK
diklasifikasikan memiliki hambatan :
o Ringan = jika
menunjukkan ketidakmampuan pada rentang 25 – 49%
o Sedang = jika
menunjukkan ketidakmampuan pada rentang 50 – 74%
o Berat = jika
menunjukkan ketidakmampuan ≧ 75%
B.
INSTRUMENT
ASESMEN PADA AREA SOSIAL EMOSI
No |
Gejala yang diamati |
Penilaian |
|
Ya |
Tidak |
||
1 |
Tidak mau
mengikuti aturan yang ditetapkan |
|
|
2 |
Terkesan
berperilaku tidak sopan |
|
|
3 |
Sering
mengeluarkan kata-kata yang kasar/kotor |
|
|
4 |
Sering marah
tanpa sebab |
|
|
5 |
Sering
bertindak ceroboh |
|
|
6 |
Sering
menyalahkan orang lain dan tidak mengakui kesalahannya |
|
|
7 |
Sering
berbohong |
|
|
8 |
Sering
berkelahi, memukul dan menyerang orang lain tanpa sebab |
|
|
9 |
Tidak dapat
menjalin kerjasama dengan orang lain |
|
|
10 |
Sering
menyakiti diri sendiri |
|
|
11 |
Sering
menyendiri, melamun, dan mudah menangis tanpa sebab |
|
|
12 |
Tidak peka
terhadap lingkungan |
|
|
13 |
Egois dan ingin
menang sendiri |
|
|
Keterangan:
PDBK diklasifikasikan memiliki hambatan :
o Ringan = jika
memperoleh jawaban “Ya” pada rentang 25 – 49%
o Sedang = jika
memperoleh jawaban “Ya”pada rentang 50 – 74%
o Berat = jika
jika memperoleh jawaban “Ya” ≧ 75%
C.
INSTRUMEN
ASESMEN PADA AREA KOMUNIKASI
No |
Gejala
yang dapat diamati |
Penilaian |
||
M |
MB |
TM |
||
1
|
Bahasa Reseptif |
|
|
|
a.
Memahami
pertanyaan sederhana seputar diri sendiri dan keluarga yang disampaikan
secara lisan |
|
|
|
|
b.
Memahami
pertanyaan sederhana seputar diri sendiri dan keluarga yang disampaikan
secara tertulis |
|
|
|
|
c.
Memahami
perintah sederhana seputar ekgiatan sehari-hari yang disampaikan secara lisan |
|
|
|
|
d. Memahami perintah sederhana
seputar ekgiatan sehari-hari yang disampaikan secara tertulis |
|
|
|
|
e.
Dapat memeragakan dengan gesti/isyarat kegiatan
yang tertulis dalam sebuah bacaan |
|
|
|
|
f.
Dapatmembaca teks bacaan sederhana tanpa dieja |
|
|
|
|
2 |
Bahasa Ekspresif |
|
|
|
a.
Mengajukan pertanyaan sederhana seputar diri
sendiri dan keluarga secara lisan |
|
|
|
|
b.
Mengajukan pertanyaan sederhana seputar diri
sendiri dan keluarga secara tertulis dengan struktur yang benar |
|
|
|
|
c.
Meminta pertolongan/mengungkapkan perintah
sederhana secara lisan |
|
|
|
|
d.
Meminta pertolongan/mengungkapkan perintah
sederhana secara tertulis |
|
|
|
|
e.
Mendeskripsikan kegiatan yang diperlihatkan dalam
bentuk gambar |
|
|
|
|
f.
Menceritakan kembali isi bacaan dengan kalimat
sendiri |
|
|
|
|
g.
Memberikan respon
terhadap suatu kondisi, misalnya mengucapkan terima kasih jika diberi
sesuatu, meminta maaf jika melakukan kesalahan atau mengomentari suatu
peristiwa |
|
|
|
|
3 |
Bahasa/Suara |
|
|
|
|
a.
Memproduksi fonem dan
kata dengan jelas |
|
|
|
|
b.
Memproduksi suara
secara wajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: M : Mampu MB : Mampu dengan bimbingan TM : Tidak mampu |
PDBK diklasifikasikan memiliki hambatan : Ringan = jika
menunjukkan ketidakmampuan pada rentang 25 – 49% Sedang = jika
menunjukkan ketidakmampuan pada rentang 50 – 74% Berat = jika
menunjukkan ketidakmampuan ≧
75%
|
D.
INSTRUMENT
ASESMEN PADA AREA NEUROMOTOR
No |
Gejala yang
diamati |
Penilaian |
|
Ya |
Tidak |
||
1 |
Anggota-anggota gerak
kaku/lemah/lumpuh. |
|
|
2 |
Kesulitan dalam
gerakan-gerakan: kaku/tidak lentur/tidak terkendali |
|
|
3 |
Ada bagian-bagian anggota gerak yang tidak
lengkap/sempurna/lebih kecil dari biasa |
|
|
4 |
Ada ketidak lengkapan pada alat gerak |
|
|
5 |
Jari-jari tangan kaku
dan tidak dapat menggenggam |
|
|
6 |
Kesulitan waktu
berdiri, berjalan ataududuk dan menunjukan sikap tubuh yang tidak normal
(kurang keseimbangan) |
|
|
7 |
Gerakan-gerakan
hiperaktif/tidak dapat tenang |
|
|
8 |
Kurang memiliki kemampuan
untuk berpindah tempat (locomosi) |
|
|
Keterangan:
PDBK diklasifikasikan memiliki hambatan :
o Ringan = jika
memperoleh jawaban “Ya” pada rentang 25 – 49%
o Sedang = jika
memperoleh jawaban “Ya”pada rentang 50 – 74%
o Berat = jika
jika memperoleh jawaban “Ya” ≧ 75%
E. ASESMEN KEKHUSUSAN
No. |
Kemampuan
|
Ya |
Tidak |
1 |
Ada
kontak mata |
|
|
2 |
Duduk
|
|
|
3 |
Melaksanakan
perintah 1 kata |
|
|
4 |
Melaksanakan
perintah 2 kata |
|
|
5 |
Melaksanakan
perintah ;ebih dari 2 kata |
|
|
6 |
Menengok
saat dipanggil |
|
|
7 |
Menjawab
1 kata saat ditanya |
|
|
8 |
Menjawab
2 kata saat ditanya |
|
|
9 |
Menjawab
lebih dari 2 kata saat ditanya |
|
|
10 |
Mampu
mengendalikan diri saat Tantrum (marah) |
|
|
11 |
Mampu
mengendalikan diri untuk tidak melakukan babling (mengulang kata tanpa makna) |
|
|
12 |
Mengulang
kata yang sama berulang kali (membeo) |
|
|
13 |
Bisa
mengendalikan diri untuk tidak mengulang gerakan yang sama berulang kali |
|
|
14 |
Mampu
mengendalikan diri untuk tidak menyakiti diri sendiri (misalnya menggigit
tangan, memukul kepala sendiri, dll.) |
|
|
15 |
Mampu
mengendalikan diri untuk tidak melakukan gerakan tanpa makna |
|
|
Keterangan:
PDBK diklasifikasikan memiliki hambatan :
o Ringan = jika
memperoleh jawaban “Ya” pada rentang 25 – 49%
o Sedang = jika
memperoleh jawaban “Ya”pada rentang 50 – 74%
o Berat = jika
jika memperoleh jawaban “Ya” ≧ 75%
Pemeriksa,
___________________________________