NEWS UPDATE :  

Berita

Asesmen Diagnostik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

 Petunjuk Penggunaan:

1.        Isilah identitas anak terlebih dahulu (Nama anak, usia dsb)

2.      Bacalah terlebih dahulu seluruh aspek kondisi yang tertulis dalam instrumen dengan cermat sebelum pemeriksa mengamati dan mengisi kolom ya/tidak

3.      Berilah tanda Ö (centang) pada salah satu (ya atau tidak)

4.      Berilah tanda Ö dengan sebenar-benarnya sesuai kondisi anak

5.      Instrumen ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang ada pada anak

6.     Tulis kesimpulan di bagian bawah/akhir tabel

7.      Tulis tanggal, identitas nama pemeriksa dan tandatangan

8.      Terimakasih telah mengisi instrumen dengan baik

 

Nama anak      : ...........................................   Tgl. Pemeriksaan         :.....................................

Tgl. Lahir        : ...........................................   Pemeriksa                    : ....................................

Jenis Kelamin  : ............................................

Kelas               : ............................................

 A.   INSTRUMEN ASESMEN PADA AREA BELAJAR

No

Gejala yang dapat diamati

Penilaian

M

MB

TM

1

Bahasa Indonesia

 

 

 

a.         Mengenal anggota tubuh

 

 

 

b.         Mengenal huruf abjad

 

 

 

c.          Membaca suku kata

 

 

 

d.         Membaca kata

 

 

 

e.         Membaca kalimat

 

 

 

f.           Menyebutkan nama-nama benda di sekitar

 

 

 

 

g.         Memperkenalkan diri

 

 

 

h.         Menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman

 

 

 

2

Matematika

 

 

 

a.         Menyebutkan bilangan 1-10

 

 

 

b.         Mengenal bilangan 1-10

 

 

 

c.          Menulis bilangan 1-10

 

 

 

d.         Mengenal bangun datar (persegi, persegi panjang, segitiga, jajar genjang, lingkaran, trapesium)

 

 

 

e.         Seni Budaya

 

 

 

f.           Mengenal Warna

 

 

 

g.         Melipat

 

 

 

h.         Menggunting

 

 

 

i.           Menempel

 

 

 

j.           Menyanyi

 

 

 

k.         Menggambar bentuk

 

 

 

3.

Mewarnai dengan krayon/ pastel

 

 

 

 

a.       Mewarnai dengan pensil warna

 

 

 

 

b.        

 

 

 

 

c.         

 

 

 

 

d.        

 

 

 

 

e.        

 

 

 

 

f.          

 

 

 

 

g.        

 

 

 

 

h.        

 

 

 

Keterangan:

M            : Mampu

MB         : Mampu dengan bimbingan

TM         : Tidak mampu

 

PDBK diklasifikasikan memiliki hambatan :

o  Ringan        =             jika menunjukkan ketidakmampuan pada rentang 25 – 49%

o  Sedang        =             jika menunjukkan ketidakmampuan pada rentang 50 – 74%

o  Berat           =             jika menunjukkan ketidakmampuan 75% 

 

 

B.      INSTRUMENT ASESMEN PADA AREA SOSIAL EMOSI

No

Gejala yang diamati

Penilaian

Ya

Tidak

1

Tidak mau mengikuti aturan yang ditetapkan

 

 

2

Terkesan berperilaku  tidak sopan

 

 

3

Sering mengeluarkan kata-kata yang kasar/kotor

 

 

4

Sering marah tanpa sebab

 

 

5

Sering bertindak ceroboh

 

 

6

Sering menyalahkan orang lain dan tidak mengakui kesalahannya

 

 

7

Sering berbohong

 

 

8

Sering berkelahi, memukul dan menyerang orang lain tanpa sebab

 

 

9

Tidak dapat menjalin kerjasama dengan orang lain

 

 

10

Sering menyakiti diri sendiri

 

 

11

Sering menyendiri, melamun, dan mudah menangis tanpa sebab

 

 

12

Tidak peka terhadap lingkungan

 

 

13

Egois dan ingin menang sendiri

 

 















Keterangan:

PDBK diklasifikasikan memiliki hambatan :

o   Ringan           =        jika memperoleh jawaban “Ya” pada rentang 25 – 49%

o   Sedang          =        jika memperoleh jawaban “Ya”pada rentang 50 – 74%

o   Berat              =        jika jika memperoleh jawaban “Ya” 75%

 

C.      INSTRUMEN ASESMEN PADA AREA KOMUNIKASI

No

Gejala yang dapat diamati

Penilaian

M

MB

TM

1

 

 

 

 

 

 

Bahasa Reseptif

 

 

 

a.       Memahami pertanyaan sederhana seputar diri sendiri dan keluarga yang disampaikan secara lisan

 

 

 

b.       Memahami pertanyaan sederhana seputar diri sendiri dan keluarga yang disampaikan secara tertulis

 

 

 

c.        Memahami perintah sederhana seputar ekgiatan sehari-hari yang disampaikan secara lisan

 

 

 

d.       Memahami perintah sederhana seputar ekgiatan sehari-hari yang disampaikan secara tertulis

 

 

 

e.       Dapat memeragakan dengan gesti/isyarat kegiatan yang tertulis dalam sebuah bacaan

 

 

 

f.         Dapatmembaca teks bacaan sederhana tanpa dieja

 

 

 

2

Bahasa Ekspresif

 

 

 

a.       Mengajukan pertanyaan sederhana seputar diri sendiri dan keluarga secara lisan

 

 

 

b.       Mengajukan pertanyaan sederhana seputar diri sendiri dan keluarga secara tertulis dengan struktur yang benar

 

 

 

c.        Meminta pertolongan/mengungkapkan perintah sederhana secara lisan

 

 

 

d.       Meminta pertolongan/mengungkapkan perintah sederhana secara tertulis

 

 

 

e.       Mendeskripsikan kegiatan yang diperlihatkan dalam bentuk gambar

 

 

 

f.         Menceritakan kembali isi bacaan dengan kalimat sendiri

 

 

 

g.       Memberikan respon terhadap suatu kondisi, misalnya mengucapkan terima kasih jika diberi sesuatu, meminta maaf jika melakukan kesalahan atau mengomentari suatu peristiwa

 

 

 

3

Bahasa/Suara

 

 

 

 

a.       Memproduksi fonem dan kata  dengan jelas

 

 

 

 

b.       Memproduksi suara secara wajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

M            : Mampu

MB         : Mampu dengan bimbingan

TM         : Tidak mampu

PDBK diklasifikasikan memiliki hambatan :

Ringan = jika menunjukkan ketidakmampuan pada rentang 25 – 49%

Sedang = jika menunjukkan ketidakmampuan pada rentang 50 – 74%

Berat = jika menunjukkan ketidakmampuan 75% 

 

 


D.     INSTRUMENT ASESMEN PADA AREA NEUROMOTOR

No

Gejala yang diamati

Penilaian

Ya

Tidak

1

Anggota-anggota gerak kaku/lemah/lumpuh.

 

 

2

Kesulitan dalam gerakan-gerakan: kaku/tidak lentur/tidak terkendali

 

 

3

Ada bagian-bagian anggota gerak yang tidak lengkap/sempurna/lebih kecil dari biasa

 

 

4

Ada ketidak lengkapan pada alat gerak

 

 

5

Jari-jari tangan kaku dan tidak dapat menggenggam

 

 

6

Kesulitan waktu berdiri, berjalan ataududuk dan menunjukan sikap tubuh yang tidak normal (kurang keseimbangan)

 

 

7

Gerakan-gerakan hiperaktif/tidak dapat tenang

 

 

8

Kurang memiliki kemampuan untuk berpindah tempat (locomosi)

 

 

Keterangan:

PDBK diklasifikasikan memiliki hambatan :

o   Ringan           =        jika memperoleh jawaban “Ya” pada rentang 25 – 49%

o   Sedang          =        jika memperoleh jawaban “Ya”pada rentang 50 – 74%

o   Berat              =        jika jika memperoleh jawaban “Ya” 75% 

 

 

E.      ASESMEN KEKHUSUSAN

No.

Kemampuan

Ya

Tidak

1

Ada kontak mata

 

 

2

Duduk

 

 

3

Melaksanakan perintah 1 kata

 

 

4

Melaksanakan perintah 2 kata

 

 

5

Melaksanakan perintah ;ebih dari 2 kata

 

 

6

Menengok saat dipanggil

 

 

7

Menjawab 1 kata saat ditanya

 

 

8

Menjawab 2 kata saat ditanya

 

 

9

Menjawab lebih dari 2 kata saat ditanya

 

 

10

Mampu mengendalikan diri saat Tantrum (marah)

 

 

11

Mampu mengendalikan diri untuk tidak melakukan babling (mengulang kata tanpa makna)

 

 

12

Mengulang kata yang sama berulang kali (membeo)

 

 

13

Bisa mengendalikan diri untuk tidak mengulang gerakan yang sama berulang kali

 

 

14

Mampu mengendalikan diri untuk tidak menyakiti diri sendiri (misalnya menggigit tangan, memukul kepala sendiri, dll.)

 

 

15

Mampu mengendalikan diri untuk tidak melakukan gerakan tanpa makna

 

 

Keterangan:

PDBK diklasifikasikan memiliki hambatan :

o   Ringan           =        jika memperoleh jawaban “Ya” pada rentang 25 – 49%

o   Sedang          =        jika memperoleh jawaban “Ya”pada rentang 50 – 74%

o   Berat              =        jika jika memperoleh jawaban “Ya” 75% 

 

  

Pemeriksa,

 

 

 

___________________________________

 

Kontak
Alamat :

Jl. Duri Selatan V, Gg. L I, No. 15, Duri Selatan, Tambora

Telepon :

021-6333318 - +6287778306287

Fax :

021-6333318

Email :

kasihbunda.s@gmail.com

Website :

kasihbunda.sch.id

Media Sosial :
Donasi
Dukungan Finansial
Dapat Disalurkan Melalui :
BCA Kcp. Duri Raya
Ac : 692 001 2521
Kalender Akademik

Desember 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
Instagram
facebook