NEWS UPDATE :  

Berita

Ruang interaktif dan stimulasi

Ruang interaktif dan stimulasi atau RISA adalah salah satu produk inovasi yang merupakan Penelitian Bersama antara UBiNus dan UKRIDA Science Center. Produk ini kami beri nama Ruang Interaktif/Stimulus Anak (Berkebutuhan khusus = Down Syndrome) yang merupakan ruang bermain sekaligus belajar bagi anak-anak yang menderita down syndrome.

Latar belakang dari pembuatan ruangan interaktif ini dikarenakan minimnya ruang bermain bagi anak-anak berkebutuhan khusus di tempat umum, dan merupakan salah satu alternatif bentuk permainan lain bagi sekolah luar biasa (sebagaimana yang kami temui pada saat feasibility study di sebuah SLB di Kemayoran). Selain itu pula ruangan ini diharapkan membantu menstimulus sensor visual, sensor auditory, sensor bicara, dan gerakkan motoric dari anak-anak berkebutuhan khusus ini. Dalam perjalanannya setelah melalui beberapa uji coba baik untuk anak normal maupun anak berkebutuhan khusus, ruang interaktif ini dapat juga membantu mengamati metode belajar seorang anak sedini mungkin.

Prinsip kerja dari ruangan ini adalah sebagai berikut, pada dinding-dinding ruangan diberikan tombol-tombol untuk ditekan oleh anak-anak. Setiap tombol memberikan reaksi yang berbeda, seperti ada tombol yang jika ditekan menyanyikan lagu-lagu tertentu, ada pula yang bila ditekan akan berpindah secara random untuk kemudian dicari oleh si anak, ada pula yang jika ditekan menampilkan video belajar dan ada pula yang ditekan akan mengajarkan cara bicara kepada si anak.

Ruang interaktif ini kami bangun dalam sebuah container bekas yang diletakkan di Kampus 1 Gedung A, UKRIDA, Jl. Tanjung Duren No. 4. Saat ini ruangan ini dipergunakan untuk mengambil data penggunaannya oleh anak berkebutuhan khusus dan dari hasil pengambilan data, ruangan ini akan terus diperbaiki sehingga dapat memenuhi kebutuhan si anak. Ruangan ini juga dapat digunakan oleh anak autism tetapi harus diubah warnanya menjadi warna monochrome.

Rencananya, ruangan ini akan diresmikan dan diluncurkan pada tanggal 20 Juni 2022 mendatang, tetapi hingga saat ini masih bisa dikunjungi dan diujicoba secara GRATIS. Silakan ibu berkunjung sambil membawa anak berkebutuhan khusus untuk mencoba. Dengan registrasi terlebih dahulu sehingga tidak berbenturan karena satu kali kami harapkan hanya 1 anak dan pendamping untuk mencoba. Jika anak sudah terbiasa, maka bisa bermain beberapa anak dalam 1 ruangan.
Form pendaftaran dapat diakses pada tautan berikut:
s.id/RuangInteraktif

Kontak
Alamat :

Jl. Duri Selatan V, Gg. L I, No. 15, Duri Selatan, Tambora

Telepon :

021-6333318 - +6287778306287

Fax :

021-6333318

Email :

kasihbunda.s@gmail.com

Website :

kasihbunda.sch.id

Media Sosial :
Donasi
Dukungan Finansial
Dapat Disalurkan Melalui :
BCA Kcp. Duri Raya
Ac : 692 001 2521
Kalender Akademik

Mei 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
Instagram
facebook